Selasa, 17 Maret 2015

differensial



DIFFERENTIAL



    Differential  atau sering dikenal dengan nama garden adalah komponen pada kendaraan rodaempat atau lebih yang  berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda .
    Sekedar untuk mengingatkan Anda ,bahwa putaran rodasemuanya berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Proses pembakaran inilah yang kemudian akan menggerakkan piston untuk bergerak naik turun .Lalu  gerak naik turun piston ini akan diteruskan untuk memutar poros engkol . Gerak putar  poros engkol ini akan diteruskan untuk memutar rodagila / flywheel. Putaran roda gila akan diteruskan untuk memutar kopling kemudian diteruskan memutar transmisi ke propeller lalu ke gardan. Gardan akan meneruskan putaran ini ke as rodadan as roda akan memutar roda, sehinggakendaraan dapat berjalan. Jadi dapat Anda ingat kembali urutan perpindahan tenaga dan putaran dari mesin sampai ke roda, sehingga kendaraan atau mobil dapat berjalan.

 Fungsi differential adalah

  Menghantarkandanmembagitenagadari transmission ke final drive kiridankanan
  Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat machine ber­belok
  Membagi torsi dari transmission samabesarke final drive kiridan final drive kanan

Jenis-jenis differential yang digunakanantaralain :

  Standard Differential.
  No-SPIN Differential, digunakanpada wheel loader (optional), integrated tool carrier, articulated truck, wheel tractor, soil compactor, landfill compactor dan backhoe loader danmerupakanpenggantistandard differential.
  Limited Slip Differential, digunakanpada wheel loader menengah(optional), beberapa wheel loader besardan articulated truck danmerupakanpengganti standard differential.
  Differential Lock, biasanyadigunakanpada motor grader.


Komponen standard differential adalah :

         Differential Case
Differential case assembly merupakantempatkomponen-komponendaridifferential group. Bevel ring gear di bautdengan case assembly. Case assembly akanmemutarkan spider shaft dan pinion gear yang bersilangandengan side gear untukmemutar­kan final drive sun shaft.
         Pinion Gear


Pinion gear atau spider gear bergerakberrotasidanberrevolusimengikutiputaran spider shaft danmemindahkantenagadari differential case ke side gear dankemudianke sun shaft. Pinion gear akanberputarberrotasi (berputarpadasumbunya) hanya padasaatberbelokatau slip, sehinggaputaranroda kiridankananakanberbeda.
         Spider Shaft
Spider shaft digerakkanoleh differential case dansebagaitempatdudukanpinion gear.

         Side Gear
Side gear di-spline ke sun gear shaft. Pinion gear akanmeng­gerakkan side gear sehingga sun gear shaft akanberputar.
Differential jenis ini tidak effisien pada saat machine slip. Untuk mengatasi hal ini (machine slip pada saat masuk lumpur) pada Off Highway Truck dan pada beberapa jenis Wheel Loader besar, maka dilengkapi dengan Traction Control System (TCS) (sebelumnya disebutAutomatic Electronic Traction Aid atau AETA). Sisteminiakanbekerjasecaraotomatispadasaat machine mengalami slip.


Baut bdan bearing

Drive pinion dan deifferential case








Cara kerja Differential

Padasaatjalanlurus.
Selama kendaraan berjalan lurus, poros roda-roda belakang akan diputar oleh drive pinion melalui ring gear differential case, roda-roda gigi differential pinion Shaft, roda-roda gigi differential pinion,gigi side gear tidakberputar , tetap terbawa kedalam putaran ring gear. Dengan demikian putaran pada roda kiri dan kanan sama.


-Padasaatmembelok.
Pada saat kendaraan membelok k ekiri tahanan roda kiri lebih besardari pada roda kanan.Apabila differensial case berputar bersama ring gear maka pinion akan berputar pada porosnya dan juga pergerak mengelilingi side gear sebelah kiri, sehingga putaran side gear sebelah kanan bertambah, yang mana jumlah putaran side gear satunyaadalah 2 kali putaran ring gear.


Pembongkaran
Pembongkaran :
·                     Siapkan kunci pas dan ring 1 set
·                     Siapkan kunci socket 1 set
·                     Kendorkan baut – baut roda belakang mobil yang kiri dan kanan ,Ingat hanya cukup dikendorkan saja dulu!
·                     Dongkrak mobil pada bagian belakang , tempatkan jack stand pada posisi chasis yang kuat di sisi kiri dan kanan mobil ( belakang)
·                     Kendorkan dan lepaskan baut pengikat propeller shaft dari garden dengan menggunakan kunci 
·                     Lepaskan dan tarik propeller shaft dari transmisi
·                     Lepaskan baut – baut pengikat roda belakang  dan lepas kan roda belakang.
·                     Tarikkeluarporosrodabelakang .
Pembongkaran Unit gardan :
·                     Bersihkangardanterlebihdahuludarikotorandebuatauolimenggunakankuasdanminyaktanah / solar. 
·                     Siapkanmejauntukmenempatkangardandankomponen - komponennya.
·                     Kendorkanterlebihdahulubaut - baut bearing cap secaramenyilang ,setelahkendorsemuabautnya , barulepaskanbaut - baut bearing cap tersebut. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyjK8xJ66zGCr1f3OuQHehtPm0wkhtPMrpsf3UsIGaVoxTKmKsYs853K7N9Hvicoc3P9phJYP37OLW4q7gTg3rz1B2up2h3Dfy7XoG7pPLuowGVoM6bni6vNYyyLz5PEvvVCVWfoTR-as/s1600/Langkah+bongkar+gardan+1.jpg
·                     Tempatkan bau – baut tersebut dalam wadah agar tidak tercecer 
·                     Lepaskan bearing cap dari differential assembly 
·                     Angkat dan pisahkan ring gear dari differential hosing
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgdIqYCp2RCiKrTUg2LQDZITwZ81cW-08zDoe1u6udTorDKiobTEnCTlaPsBAOAovNuX0uJGW7nTxA-Mjnb0CGqf5kk6UMqKjNF_pSQxajl2p0yzSQW8shgTOb2XegHi3I9ZhfmtoFxbTw/s1600/Langkah+bongkar+gardan+2.jpg

·                     Kendorkanmurpengunci companion flange
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjydNLJeaV1gx8MQ4ZZaWWkbEdmD53twFO_iEmgoA4H83yznH0CO8kp4aMHBUYVA19Rdf_WD7GndTEBuID96GiCuQFUT8I_I7tP8nHr4w6MGG0bqCAbxOLETz3wnR3s14hXeg0Ym3tAarw/s1600/Langkah+bongkar+gardan+3.jpg
·                     Lepaskan companion flange dari drive pinion ,sambilmenahan drive pinion agar tidak terjatuh.
·                     Keluarkan drive pinion dari differential housing. 
Demikian penjelasan sayamengenai langkah – langkah pembongkaran gardan,

PEMERIKSAAN / ANALISA

1.    Memeriksa  Keausanpada  bevel gear  
   Memeriksa keausan pada bevel gear shaft. Jika gear pada bevel gear shaft sudah aus, sebaiknya diganti.Hasil : bevel shaft gear masihbagus (Visual )

2.    Memeriksakeausanpada side gear 
    Memeriksakeausanpada side gear. Jika gear pada side sudahaus, sebaiknyasegeradiganti. Hasil : side gear masihbagus (Visual)

3.    Memeriksakeausanpada bevel gear shaft / Drive Pinion
   Memeriksakeausanpada bevel gear shaft. Jika gear pada bevel gear shaft sudahaus, sebaiknya dig anti.Hasil : bevel shaft gear masihbagus (Visual ) 

4.    Memeriksaketirusanpada spider shaft 
    Memeriksaketirusanpada spider shaft. Jika shaft pada spider telahbengkok, sebaiknya    segeradiganti.Hasil : spider shaft masihbagus ( Visual)

5.    Memeriksakeausanpada pinion gear 
    Memeriksakeausanpada pinion gear. Bila gear pada pinion sudahaus, sebaiknyasegeradiganti. Hasil : pinion gear masihbagus (Visual)
6.    Memeriksakerusakanpada differential case.
Memeriksakeausanpada pinion gear.
Bila gear pada pinion sudahaus, sebaiknyasegeradiganti.
Hasil : pinion gear masihbagus (Visual)


 PEMERIKSAAN DAN PENGUKURAN


Mengukur celah side gear dengan pinion gear

Mengukur celah side gear dengan differential case


Mengukur keausan gigi korona

Mengukur kontrol pre-load




1.      Periksa Keolengan Roda Gigi Ring
Keolengan maksimum : 0,08mm
Bila keolengan lebih besar dari nilai maksimum, gantilah roda gigi ring.
            Hasil pemeriksaan dan pengukuran : 0,06mm.
2.      Periksa Backlash Roda Gigi Ring
              Backlash : 0,13-0,18mm
Bila backlash diluar nilai spesifikasi, setel beban bantalan samping atau perbaiki seperlunya.
            Hasilpemeriksaandanpengukuran : 0,14mm.
3.      Periksa Backlash Roda Gigi Samping
Ukur backlash roda gigi samping sambil menahan salah satu roda gigi pinion terhadap bak differential.
Backlash standard: 0,05-0,20mm.
Bila backlash diluar nilai spesifikasi, pasanglah cincin dorong yang tepat.
            Hasil pemeriksaan dan pengukuran : 0,08mm.

4.      Memasang Roda Gigi Ring PadaBak Differential
Moment yang digunakan : 9kg.
5.      KencangkanBautPengikatTutupBantalan
Moment yang diperbolehkan : 8kg.                                          
6.      KencangkanBautPengunci Yoke
Moment yang diperbolehkan : 4kg.
7.      PeriksaPerkaitan Gigi AntaraRoda Gigi Ring Dan Pinion Penggerak
a.       Oleskan lem gasket pada roda gigi ring.
b.      Putar roda gigi ring dan lihat bekas putaran pada roda gigi ring.
      Hasil yang diperolehletakperkaitangigi ring berada di tengah.

PEMASANGAN
1.    Pasang bevel gear shaft darirumah differential dengankunci socket 19
2.    Pasangbautpada bevel gear dengankuncisoket 22
3.    Pasang Differential Case pada bevel gear dengankunci socket 19
4.    Rakit pinion gear, spider shaft, dan side gear kedalam differential case pada bevel gear
5.    Masukkan Differential group kedalam Differential casee
6.    Pasang Differential Case menggunakankunci socket 21
7.    Masukkan Differential Case kedalamDifferensial Cage
8.    Pasang cap dan bearing pada Axel housing menggunakankunci socket 27

GEJALA –GEJALA PADA DIFFERENTIAL
 
kerusakan-yang-sering-di-temui-pada-differensial-4-638.jpg















KESIMPULAN

Differential berfungsimeneruskantenagadariporospropelerataudaritransmisike final drive.Jadiapabila differential mengalamikerusakanmaka differential tidakbisameneruskantenagadenganbaikke final drive. Pada differential yang sayabongkarsayamenyimpulkanbahwa differential masihbaiksecara visual sehinggamasihdapatdigunakan.




























LAPORAN PRAKTEK CHASIS AUTOMOTIF
“DIFFERENTIAL”


NAMA : MUHAMMAD IQBAL
NIS : 212275
KELAS : XII TOYOTA (TKR 1)
NO.URUT : 18


Tidak ada komentar:

Posting Komentar