DIFFERENTIAL

Differential atau sering dikenal dengan nama garden adalah
komponen pada kendaraan rodaempat atau lebih yang berfungsi untuk meneruskan
tenaga mesin ke poros roda .
Sekedar untuk mengingatkan Anda ,bahwa putaran
rodasemuanya berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar.
Proses pembakaran inilah yang kemudian akan menggerakkan piston untuk bergerak naik
turun .Lalu gerak naik turun piston ini akan diteruskan untuk memutar poros
engkol . Gerak putar poros engkol ini akan
diteruskan untuk memutar rodagila / flywheel. Putaran roda gila akan diteruskan
untuk memutar kopling kemudian diteruskan memutar transmisi ke propeller lalu ke
gardan. Gardan akan meneruskan putaran ini ke as rodadan as roda akan memutar roda,
sehinggakendaraan dapat berjalan. Jadi dapat Anda ingat kembali urutan perpindahan
tenaga dan putaran dari mesin sampai ke roda, sehingga kendaraan atau mobil dapat
berjalan.
Fungsi differential adalah
Menghantarkandanmembagitenagadari transmission ke final
drive kiridankanan
Membedakan putaran roda kiri dan kanan
saat machine berbelok
Membagi
torsi dari transmission samabesarke final
drive kiridan final drive kanan
Jenis-jenis differential yang
digunakanantaralain :
Standard
Differential.
No-SPIN Differential, digunakanpada wheel
loader (optional), integrated tool carrier, articulated truck, wheel tractor,
soil compactor, landfill compactor dan backhoe loader danmerupakanpenggantistandard
differential.
Limited
Slip Differential, digunakanpada wheel
loader menengah(optional), beberapa wheel
loader besardan articulated
truck danmerupakanpengganti standard differential.
Differential
Lock, biasanyadigunakanpada motor grader.
Komponen standard
differential adalah :
Differential
Case
Differential case
assembly merupakantempatkomponen-komponendaridifferential group. Bevel
ring gear di bautdengan case assembly. Case assembly akanmemutarkan spider
shaft dan pinion gear yang bersilangandengan side
gear untukmemutarkan final drive sun shaft.
Pinion
Gear

Pinion
gear atau spider
gear bergerakberrotasidanberrevolusimengikutiputaran spider shaft danmemindahkantenagadari differential
case ke side gear dankemudianke sun shaft. Pinion
gear akanberputarberrotasi (berputarpadasumbunya) hanya padasaatberbelokatau
slip, sehinggaputaranroda kiridankananakanberbeda.
Spider
Shaft
Spider shaft digerakkanoleh differential
case dansebagaitempatdudukanpinion gear.
Side
Gear
Side gear di-spline ke sun gear
shaft. Pinion gear akanmenggerakkan side gear sehingga sun
gear shaft akanberputar.
Differential jenis
ini tidak effisien pada saat machine slip. Untuk mengatasi hal
ini (machine slip pada saat masuk lumpur) pada Off Highway
Truck dan pada beberapa jenis Wheel Loader besar, maka
dilengkapi dengan Traction Control System (TCS) (sebelumnya
disebutAutomatic Electronic Traction Aid atau AETA). Sisteminiakanbekerjasecaraotomatispadasaat
machine mengalami slip.
Baut bdan bearing

Drive pinion dan
deifferential case

Cara kerja Differential
Padasaatjalanlurus.
Selama kendaraan berjalan lurus, poros roda-roda
belakang akan diputar oleh drive pinion melalui ring gear differential case,
roda-roda gigi differential pinion Shaft, roda-roda gigi differential
pinion,gigi side gear tidakberputar , tetap terbawa kedalam putaran ring gear. Dengan
demikian putaran pada roda kiri dan kanan sama.
-Padasaatmembelok.
Pada saat kendaraan membelok k ekiri tahanan roda
kiri lebih besardari pada roda kanan.Apabila differensial case berputar bersama
ring gear maka pinion akan berputar pada porosnya dan juga pergerak mengelilingi
side gear sebelah kiri, sehingga putaran side gear sebelah kanan bertambah,
yang mana jumlah putaran side gear satunyaadalah 2 kali putaran ring gear.
Pembongkaran
Pembongkaran :
·
Siapkan kunci pas dan ring 1 set
·
Siapkan kunci socket 1 set
·
Kendorkan baut – baut roda belakang mobil yang kiri dan kanan
,Ingat hanya cukup dikendorkan saja dulu!
·
Dongkrak mobil pada bagian belakang , tempatkan jack stand pada posisi
chasis yang kuat di sisi kiri dan kanan mobil ( belakang)
·
Kendorkan dan lepaskan baut pengikat propeller shaft dari garden dengan
menggunakan kunci
·
Lepaskan dan tarik propeller shaft dari transmisi
·
Lepaskan baut – baut pengikat roda belakang dan lepas kan roda
belakang.
·
Tarikkeluarporosrodabelakang .
Pembongkaran Unit gardan :
·
Bersihkangardanterlebihdahuludarikotorandebuatauolimenggunakankuasdanminyaktanah
/ solar.
·
Siapkanmejauntukmenempatkangardandankomponen - komponennya.
·
Kendorkanterlebihdahulubaut - baut bearing cap secaramenyilang
,setelahkendorsemuabautnya , barulepaskanbaut - baut bearing cap
tersebut.
·
Tempatkan bau – baut tersebut dalam wadah agar tidak tercecer
·
Lepaskan bearing cap dari differential assembly
·
Angkat dan pisahkan ring gear dari differential hosing
·
Kendorkanmurpengunci companion flange
·
Lepaskan companion flange dari drive pinion ,sambilmenahan drive
pinion agar tidak terjatuh.
·
Keluarkan drive pinion dari differential housing.
Demikian penjelasan sayamengenai langkah –
langkah pembongkaran gardan,
PEMERIKSAAN / ANALISA
1. Memeriksa Keausanpada bevel
gear
Memeriksa keausan pada bevel gear shaft. Jika gear pada bevel gear shaft sudah aus, sebaiknya diganti.Hasil : bevel shaft gear masihbagus (Visual )
Memeriksa keausan pada bevel gear shaft. Jika gear pada bevel gear shaft sudah aus, sebaiknya diganti.Hasil : bevel shaft gear masihbagus (Visual )
2. Memeriksakeausanpada
side gear
Memeriksakeausanpada side gear. Jika gear pada side sudahaus, sebaiknyasegeradiganti. Hasil : side gear masihbagus (Visual)
Memeriksakeausanpada side gear. Jika gear pada side sudahaus, sebaiknyasegeradiganti. Hasil : side gear masihbagus (Visual)
3. Memeriksakeausanpada
bevel gear shaft / Drive Pinion
Memeriksakeausanpada bevel gear shaft. Jika gear pada bevel gear shaft sudahaus, sebaiknya dig anti.Hasil : bevel shaft gear masihbagus (Visual )
Memeriksakeausanpada bevel gear shaft. Jika gear pada bevel gear shaft sudahaus, sebaiknya dig anti.Hasil : bevel shaft gear masihbagus (Visual )
4. Memeriksaketirusanpada
spider shaft
Memeriksaketirusanpada spider shaft. Jika shaft pada spider telahbengkok, sebaiknya segeradiganti.Hasil : spider shaft masihbagus ( Visual)
Memeriksaketirusanpada spider shaft. Jika shaft pada spider telahbengkok, sebaiknya segeradiganti.Hasil : spider shaft masihbagus ( Visual)
5. Memeriksakeausanpada
pinion gear
Memeriksakeausanpada pinion gear. Bila gear pada pinion sudahaus, sebaiknyasegeradiganti. Hasil : pinion gear masihbagus (Visual)
Memeriksakeausanpada pinion gear. Bila gear pada pinion sudahaus, sebaiknyasegeradiganti. Hasil : pinion gear masihbagus (Visual)
6. Memeriksakerusakanpada
differential case.
Memeriksakeausanpada
pinion gear.
Bila
gear pada pinion sudahaus, sebaiknyasegeradiganti.
Hasil
: pinion gear masihbagus (Visual)
PEMERIKSAAN DAN PENGUKURAN

Mengukur
celah side gear dengan pinion gear

Mengukur
celah side gear dengan differential case

Mengukur
keausan gigi korona

Mengukur
kontrol pre-load
1. Periksa
Keolengan Roda Gigi Ring
Keolengan maksimum : 0,08mm
Bila keolengan lebih besar dari nilai maksimum,
gantilah roda gigi ring.
Hasil pemeriksaan dan pengukuran : 0,06mm.
2. Periksa
Backlash Roda Gigi Ring
Backlash : 0,13-0,18mm
Bila backlash diluar nilai spesifikasi, setel beban
bantalan samping atau perbaiki seperlunya.
Hasilpemeriksaandanpengukuran : 0,14mm.
3. Periksa
Backlash Roda Gigi Samping
Ukur backlash roda gigi samping sambil menahan
salah satu roda gigi pinion terhadap bak differential.
Backlash standard: 0,05-0,20mm.
Bila backlash diluar nilai spesifikasi,
pasanglah cincin dorong yang tepat.
Hasil pemeriksaan dan pengukuran : 0,08mm.
4. Memasang
Roda Gigi Ring PadaBak Differential
Moment yang digunakan : 9kg.
5. KencangkanBautPengikatTutupBantalan
Moment yang diperbolehkan : 8kg.
6. KencangkanBautPengunci
Yoke
Moment yang diperbolehkan : 4kg.
7. PeriksaPerkaitan
Gigi AntaraRoda Gigi Ring Dan Pinion Penggerak
a. Oleskan
lem gasket pada roda gigi ring.
b. Putar
roda gigi ring dan lihat bekas putaran pada roda gigi ring.
Hasil yang
diperolehletakperkaitangigi ring berada di tengah.
PEMASANGAN
1. Pasang
bevel gear shaft darirumah differential dengankunci socket 19
2. Pasangbautpada
bevel gear dengankuncisoket 22
3. Pasang
Differential Case pada bevel gear dengankunci socket 19
4. Rakit
pinion gear, spider shaft, dan side gear kedalam differential case
pada bevel gear
5. Masukkan
Differential group kedalam Differential casee
6. Pasang
Differential Case menggunakankunci socket 21
7. Masukkan
Differential Case kedalamDifferensial Cage
8. Pasang
cap dan bearing pada Axel housing menggunakankunci socket 27
|

KESIMPULAN
Differential
berfungsimeneruskantenagadariporospropelerataudaritransmisike final
drive.Jadiapabila differential mengalamikerusakanmaka differential
tidakbisameneruskantenagadenganbaikke final drive. Pada differential yang
sayabongkarsayamenyimpulkanbahwa differential masihbaiksecara visual
sehinggamasihdapatdigunakan.
LAPORAN PRAKTEK CHASIS
AUTOMOTIF
“DIFFERENTIAL”

NAMA : MUHAMMAD
IQBAL
NIS : 212275
KELAS : XII
TOYOTA (TKR 1)
NO.URUT : 18
Tidak ada komentar:
Posting Komentar